Perangkat Kasir yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuka Usaha Retail

Go down

Perangkat Kasir yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuka Usaha Retail

Post by kios software on Thu Nov 01, 2018 9:50 am

Bagi Anda yang ingin membuka usaha retail, grosiran, minimarket, dan supermaket tentu harus menyiapkan beberapa perangkat kasir yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, diantaranya

1. Komputer Kasir
Komputer kasir merupakan jenis mesin kasir yang sudah menggunakan platform computer. Berbeda dengan mesin kasir tipe cash register yang mempunyai banyak keterbatasan, mesin kasir jenis komputer kasir menawarkan kapasitas penyimpanan yang tidak di batasi. komputer kasir mempunyai dua bagian yang penting yaitu hardware komputer kasir dan software program kasir.






2. Software Kasir
Software toko juga sangat berperan penting. Program kasir menentukan keakuratan dan kelengkapan dari fitur yang dimiliki oleh komputer kasir. Untuk mengetahui kualitas dari program kasir relative sangat sulit dari pada kualitas produk komputer kasir lainya. Sebaiknya anda analisis dulu apakah laporan yang di hasilkan sudah sesuai dengan program kasir, software kasir tersebut mudan digunakan, seberapa handal sistem program kasir serta apakah program kasir tersebut sudah banyak yang menggunakan dan masih banyak faktor lain yang harus di pertimbangkan.






3. CPU Kasir
CPU kasir bisa di ibaratkan seperti fungsi otak dalam komputer kasir. CPU pada umumnya di rancang untuk di gunakan dalam pemakaian standard an bukan untuk toko yang buka secara hampir non stop. Jika anda menggunakan komputer rakitan,pastika anda memilih spesifikasi yang sesuai, karena kebanyakan penjual komputer rakitan terfokus pada harga murah saja.


4. Printer Kasir

Printer kasir biasanya sering disebut dengan mini printer, printer struk atau printer mini. Printer kasir banyak di gunakan untuk usaha retail. Printer kasir atau mini printer sangat cocok digunakan di toko anda karena berukuran sangat kecil yang berarti memakan sedikit ruang. Kelebihan printer kasir yaitu mempunyai kecepatan cetak relative lebih tinggi di bandingkan dengan printer biasa.






5. Laci Uang
Laci uang berguna untuk menyimpan uanga saat terjadi transaksi di toko. Pastikan anda memilih jenis laci uang yang terbuat dari bahan metal lebih kuat dari bahan plastik, termasuk penjepit uang kertas yang terbuat dari plastic cenderung lebih mudah patah dan rusak sebaiknya penjepit uang kertas juga terbuat dari bahan yang lebih keras atau besi.






6. Barcode Scanner
Barcode scanner adalah mesin pembaca kode-kode untuk angka atau huruf yang terdiri dari kombinasi bar (garis) dengan berbagai jarak. Hal ini merupakan salah satu cara untuk memasukan data kedalam komputer. Dalam dunia bisnis alat yang bernama Barcode Scanner sudah tidak asing lagi terutama para petugas kasir. Bagi para petugas kasir penggunaan Barcode Scanner menjadi hak mutlak yang harus dikuasai untuk mempermudah maupun mempercepat transaksi pembelian.
Dahulu sebelum ada Barcode Scanner, petugas kasir memasukan data penjualan secara manual dengan menggunakan nama barang atau kode barang.




Sekian artikel dari kami tentang 
perangkat kasir semoga menjadi referensi bagi Anda yang ingin membuka usaha usaha retail, grosiran, minimarket, supermaket. Kami menyediakan berbagai macan software yang kualitasnya sangat bagus dan sudah teruji keaslianya.

kios software

Posts : 10
Join date : 2018-10-02

View user profile

Back to top Go down

Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum